Fungsi Rem ABS pada Mobil untuk Tingkatkan Keselamatan

Posted on

Fungsi rem ABS pada mobil perlu untuk para pengguna pahami. Tentu saja sebagai alat transportasi, mobil membutuhkan berbagai komponen keselamatan. Sehingga bisa memberikan perlindungan untuk para pengendaranya. Seperti salah satunya yakni dengan kehadiran sistem rem ABS. Pasalnya, saat ini sudah banyak penggunaannya dan terpasang untuk mobil keluaran terbaru.

Rem ABS yang dikenal sebagai Anti Lock Braking System yakni suatu komponen yang cukup penting pada kendaraan. Pengertian dari rem ABS tersebut sebuah teknologi yang menerapkan inovasi terbaru pada sistem pengereman dan tersedia untuk kendaraan seperti halnya mobil.

Rem pada mobil ini yang berguna dalam memberi keselamatan penuh bagi pengendara serta para penumpang. Mobil yang memiliki rem ABS, maka akan menggunakan komponen yang lebih kompleks daripada mobil tanpa sistem ABS. Bahkan, untuk cara kerja dari rem ABS sendiri cukup sederhana.

Fungsi Rem ABS pada Mobil
Foto: Istimewa

Fungsi Rem ABS pada Mobil yang Perlu Pengguna Ketahui

Rem ABS merupakan sistem pengereman  canggih yang didesain untuk bisa mencegah roda kendaraan mengunci selama proses pengereman. Hal tersebut yang memungkinkan pengemudi agar bisa mempertahankan kontrol pada kendaraan. Selain itu, rem tersebut akan memanfaatkan kemampuan manuver secara maksimal saat situasi darurat.

Teknologi satu ini sangat berguna untuk mendukung keamanan serta kenyamanan saat berkendara. Khususnya dalam kondisi jalan licin maupun pengereman secara mendadak. Fungsi dari sistem pengereman ini bekerja dengan cara melepaskan serta mengaktifkan rem secara berkala. Sehingga kondisi roda tetap bisa berputar saat melakukan rem.

Hal tersebut akan membuat mobil tetap bisa Anda kendalikan meski melakukan pengereman mendadak. Oleh karena itu, risiko kecelakaan bisa diminimalisir. Adapun beberapa fungsi rem ABS yang penting untuk Anda ketahui, sebagai berikut.

Mencegah Terkuncinya Roda

Salah satu fungsi rem ABS pada mobil yakni mencegah roda terkunci saat Anda melakukan pengereman mendadak. Sistem tersebut yang memungkinkan kontrol lebih baik pada kendaraan dan sangat penting saat menghadapi situasi darurat. Bahkan, untuk mobil bekas, kehadiran maupun fungsi rem ABS ini menjadi sangat berarti.

Mempertahankan Kontrol Kendaraan

Fungsi rem ABS berikutnya yakni pengendara juga bisa mengendalikan arah mobil. Cara tersebut sangat penting Anda lakukan saat akan menghindari rintangan mendadak di jalanan. Sehingga, pengemudi bisa melakukan manuver dalam menghindar dan juga mengerem. Selain itu, teknologi ini juga menjadikan faktor penentu pada situasi berbahaya.

Menawarkan Pengereman Efisien

Rem ABS yang menyesuaikan tekanan rem setiap roda sehingga akan memastikan pengereman lebih efisien. Hal tersebut akan memberi kinerja pengereman secara optimal untuk berbagai kondisi jalan maupun kecepatan laju mobil.

Sebagai sistem yang sanggup menunjang keselamatan berkendara, rem tersebut memiliki berbagai kelebihan. Fungsi rem ABS pada mobil akan memberikan keselamatan ekstra bagi para pengendara.  Pengendara merasa lebih aman saat berkendara meski jalanan yang licin maupun basah.