Menghemat Bensin Mobil Manual, Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Posted on

Menghemat bensin mobil manual bisa dilakukan dengan memastikan penggunaan bahan bakar telah sesuai standar pabrikan. Dinamakan mobil manual karena pengguna perlu mengoperasikan pedal kopling dan tuas persneling secara manual agar mobil dapat berjalan.

Mobil manual sendiri terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit. Namun, bagi pengguna yang ingin mobil manualnya lebih irit lagi, berikut ini terdapat beberapa cara mudah untuk melakukannya.

Menghemat Bensin Mobil Manual, Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai
iStockphoto.com

Menghemat Bensin Mobil Manual dengan Beberapa Langkah Mudah

Menghemat konsumsi BBM di segala jenis kendaraan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan para pemiliknya. Sama halnya dengan mobil manual. Meski terkenal irit bahan bakar namun tidak sedikit pengguna yang mengeluh karena kenaikan harga BBM yang kian melonjak dari tahun ke tahun.

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil manual adalah sebagai berikut:

Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Ternyata sering gonta-ganti bahan bakar, dapat menjadi penyebab utama meningkatnya konsumsi bensin. Bahan bakar yang tidak tepat menyebabkan mesin lebih cepat anas dan percepatan mobil semakin susah.

Bukan itu saja, penggunaan bahan bakar yang tidak tepat juga mengakibatkan adanya risiko penumpukan sisa hasil pembakaran pada mesin mobil. Untuk itu, pastikan selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil jika tidak dalam kondisi mendesak.

Hindari Penguapan BBM yang Sia-sia

Pengguna bisa menghemat bensin mobil manual dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Salah satunya adalah dengan tidak memarkirkan mobil di tempat yang panas atau terkena paparan sinar matahari langsung.

Jika hal tersebut dilakukan terus menerus, maka akan menjadi kebiasaan buruk yang membuat terbuangnya bahan bakar secara sia-sia. Mengapa demikian? Karena ketika mobil terus-terusan terkena paparan panas matahari, komponen dan tangki bahan bakar yang berasal dari material induktor akan memanas. Dengan begitu, bahan bakar di dalam tangki tersebut akan menguap secara perlahan dan mengakibatkan pembuangan bahan bakar yang sia-sia.

Pindahkan Gigi pada RPM dengan Tepat

Perpindahan gigi, ternyata juga bisa mempengaruhi konsumsi bensin pada mobil manual. Ketika pengguna terlalu lama bertahan di gigi rendah dengan kecepatan konstan, maka konsumsi bensin akan semakin boros.

Jangan Terlalu Sering Menginjak Rem

Menghemat bensin mobil manual juga bisa dilakukan dengan tidak terlalu sering menginjak rem. Meski terkesan sepele, kebiasaan ini ternyata bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Hal tersebut karena ketika perpindahan kaki dari yang semula menginjak rem, kemudian akan berpindah menginjak pedal gas untuk melaju kembali, akan membuat angkatan mesin yang memerlukan konsumsi bensin lebih besar pula. Untuk itu, pastikan untuk menggunakan pedal rem hanya ketika memerlukannya saja atau turunkan kecepatan secara bertahap lalu menginjak rem untuk berhenti.

Konsumsi Bensin Mobil Manual Lebih Irit Ketimbang Mobil Matic, Mengapa Demikian?

Alasan utama mengapa mobil manual lebih irit bahan bakar adalah karena mesin mobil manual lebih mudah untuk mengatur perputaran mesin ketimbang mobil matic. Mobil matic sendiri memiliki rotasi per menit (RPM) yang lebih tinggi daripada mobil manual. Itulah sebabnya konsumsi bahan bakarnya lebih boros.

Dengan menghemat bensin mobil manual tersebut pengguna bisa mengurangi sedikit biaya untuk penggunaan bahan bakar mobil. Jadi, pengguna dapat lebih hemat pengeluaran dan mengoptimalkan kinerja bahan bakar mobil kesayangannya.